9 Jajanan Pinggir Jalan Jakarta buat Pecinta Kuliner Kaki Lima

Siapa bilang jajan lezat di Jakarta harus berharga mahal? Kota Jakarta adalah salah satu pusat wisata urban di Indonesia. Nggak heran dong kalau ibukota Indonesia ini juga punya jajanan pinggir jalan yang bervariasi. Buat kamu yang hobi kulineran, terutama kuliner kaki lima, sepertinya kamu nggak boleh lupa buat mencicipi jajanan pinggir jalan Jakarta yang selalu bikin nagih.

Buat kamu para pecinta kuliner kaki lima, nih ada 9 jajanan pinggir jalan Jakarta yang harus kamu cicipi. Mungkin ada beberapa di antaranya yang sudah familiar dengan lidah dan seleramu. Namun, ada kemungkinan juga beberapa di antaranya belum pernah kamu coba. Penasaran apa aja kuliner kaki lima di Jakarta?

9 Jajanan Pinggir Jalan Jakarta yang Enak & Murah Meriah

  1. Kerak Telor

Kuliner Pinggir Jalan Jakarta Kerak Telor - 9 Jajanan Pinggir Jalan Jakarta buat Pecinta Kuliner Kaki Lima

Kerak telor adalah jajanan pinggir jalan Jakarta yang merupakan kuliner asli khas Betawi. Kerak telor dibuat dari bahan utama telur ayam, kemudian dicampur dengan beras ketan, ebi, bawang merah, dan bumbu-bumbu yang dihaluskamn. Biasanya, proses pembuatan kerak telor yang dilakukan secara langsung dihadapan pembeli, justru menarik banyak orang untuk ikut menonton. Citarasa kerak telor merupakan perpaduan antara manis, gurih, asin, dan pedas.

Salah satu tempat untuk mencari kerak telor adalah di kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya di halaman belakang Museum Sejarah Jakarta. Selain itu, kamu juga bisa membeli jajanan pinggir jalan Jakarta ini di Area Lenggang Jakarta, Pusat Jajanan Monas.

  1. Kue Rangi

Siapa pun yang pernah berkunjung ke Jakarta barangkali sudah nggak asing lagi dengan kue rangi. Jajanan pinggir jalan Jakarta ini adalah kue tradisional dari Betawi. Adonannya terbuat dari tepung kanji yang dicampur kelapa. Biasanya, proses pembuatan kue rangi dilakukan secara langsung di tempat penjual kue ini berhenti, sehingga aroma wanginya bisa membumbung semerbak hingga membuat pejalan kaki ingin ikut mencicipi kelezatan jajanan pinggir jalan Jakarta ini.

  1. Tahu Gejrot

Jajanan Pinggir Jalan Jakarta Tahu Gejrot - 9 Jajanan Pinggir Jalan Jakarta buat Pecinta Kuliner Kaki Lima

Siapa yang nggak suka tahu gejrot? Jajanan pinggir jalan Jakarta ini pastinya bisa jadi snack pengganjal perut yang membuat siapa pun nggak bisa berhenti mencicipinya. Kuliner kaki lima yang sebenarnya berasal dari Cirebon ini adalah tahu goreng dengan bumbu cabai dan gula merah yang manis-pedas. Salah satu tempat makan tahu gejrot di Jakarta yang cukup terkenal adalah tahu gejrot “Bang Jack” di Kebayoran Lama.

  1. Cilok

Jajanan Pinggir Jalan Jakarta Cilok - 9 Jajanan Pinggir Jalan Jakarta buat Pecinta Kuliner Kaki Lima

Cilok adalah singkatan dari “Aci Dicolok”. Jajanan pinggir jalan Jakarta ini adalah kuliner khas Jawa Barat. Bentuk cilok mirip bakso namun berbeda bahan dasarnya. Cilok adalah kuliner kaki lima Jakarta yang terbuat dari tepung tapioka dengan bumbu sambal kacang, saus, dan kecap. Lezat!

Kalau kamu ingin mencicipi lezatnya jajanan pinggir jalan Jakarta ini, kamu bisa membeli cilok yang dijual di gerobak. Namun, kalau kamu kesulitan untuk bertemu dengan pedagang cilok di gerobak, kamu juga bisa mencicipinya di Warung Cilok Mang Uti, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

  1. Darlung

Darlung adalah kependekan dari “dadar gulung”. Jajanan pinggir jalan Jakarta ini jangan dirancukan dengan dadar gulung manis yang terbuat dari tepung dan kelapa. Kuliner kaki lima Jakarta yang satu ini terbuat dari telur yang digulung di atas minyak panas. Selain memakai telur sebagai bahan utama, pembuatan darlung juga menggunakan campuran aci. Hm … bisa nyoba sendiri bikin di rumah juga nih, kayaknya!

  1. Ketoprak

Jajanan Pinggir Jalan Jakarta Ketoprak - 9 Jajanan Pinggir Jalan Jakarta buat Pecinta Kuliner Kaki Lima

Nggak ada yang bisa menolak kelezatan ketoprak sebagai salah satu jajanan pinggir jalan Jakarta yang nikmat dan mengenyangkan. Kuliner kaki lima Jakarta ini adalah makanan khas Betawi dengan tahu, sayuran, taoge, bihun, dan bumbu kacang. Kamu bisa memilih untuk mencicipi kuliner kaki lima ini dengan citarasa pedas, sedang, atau bahkan nggak pedas sama sekali. Salah satu tempat makan ketoprak yang terkenal di Jakarta adalah Ketoprak Ciragil yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

  1. Kue Ape

Jajanan Pinggir Jalan Jakarta Kue Ape - 9 Jajanan Pinggir Jalan Jakarta buat Pecinta Kuliner Kaki Lima

Jajanan pinggir jalan Jakarta yang satu ini memang nggak pernah lekang oleh waktu. Kue ape adalah kue khas Betawi yang juga sering disebut sebagai Serabi Jakarta. Kue ape adalah kue yang memiliki citarasa utama dari daun pandan. Meskipun bagian tengah dari kue ini legit dan lembut, bagian pinggir dari kue ini berwarna cokelat dan cukup renyah. Kamu mau nyobain kuliner kaki lima Jakarta yang satu ini, Sobat Tiket?

  1. Martabak

Jajanan Pinggir Jalan Jakarta Martabak - 9 Jajanan Pinggir Jalan Jakarta buat Pecinta Kuliner Kaki Lima

Kalau kamu jalan-jalan keliling Jakarta, banyak banget penjual martabak yang tersebar di seluruh sudut kota. Mulai dari martabak klasik seperti martabak telor dan martabak manis bertabur keju dan cokelat, sampai martabak kekinian seperti Martabak Asin French Fries a la Martabak Gokil, semua ada di Jakarta.

Kalau kamu mau nyobain Martabak Gokil, kamu bisa datang ke area parkir Sarinah. Selain Martabak Gokil, ada juga kedai martabak lain yang nggak kalah yummy seperti Martabak Orins, Martabakku Menteng, dan masih banyak lagi referensi martabak lain yang sangat layak untuk kamu cicipi di Jakarta.

  1. Roti Bakar

Jajanan Pinggir Jalan Jakarta Roti Bakar - 9 Jajanan Pinggir Jalan Jakarta buat Pecinta Kuliner Kaki Lima

Jakarta adalah surganya roti bakar dengan berbagai variasi rasa yang nggak ada habisnya. Dari mulai roti bakar khas Bandung, sampai roti bakar kekinian dengan lelehan es krim, semua bisa kamu temukan di Jakarta. Banyak lokasi kuliner roti bakar yang bisa kamu sambangi di Jakarta. Kalau kamu kebetulan nggak menemukan jajanan pinggir jalan Jakarta ini saat melintasi jalanan ibukota, kamu bisa datang ke berbagai kedai roti bakar seperti Dapoer Roti Bakar, Roti Bakar Eddy, Roti Bakar Kemang, dan lainnya. Mantap kan?

Nggak akan ada habisnya deh kalau kamu mencari jajanan pinggir jalan Jakarta. Kuliner kaki lima Jakarta ini bisa kamu temukan saat menyusuri ibukota sambil menikmati suasana perkotaan ibukota. Kamu juga bisa mencicipi Deretan Kuliner Saus Telur Asin di Jakarta saat berjalan-jalan keliling kota.

Jika kamu capek menyetir sendiri untuk berkeliling Jakarta, sewa mobil di Jakarta murah di tiket.com. Pokoknya, agar acara kulineranmu di Jakarta semakin kece, jadikan tiket.com sebagai partner terbaikmu saat jalan-jalan di ibukota.

Ayo berangkat kulineran sekarang!



Source link