9 Souvenir Khas Jogja Terbaik untuk Oleh-Oleh

Jalan-jalan ke Jogja memang selalu bisa jadi pilihan terbaik untuk menghabiskan liburan. Nah, yang namanya jalan-jalan ke luar kota, pastinya kamu ingin membawa oleh-oleh terbaik untuk keluarga di rumah. Banyak oleh-oleh khas Jogja kekinian berupa makanan yang bisa kamu bawa. Namun, barangkali di antara kamu lebih suka berbelanja souvenir khas Jogja sebagai buah tangan dari Kota Pelajar ini.

Jika kamu memang ingin membawa souvenir khas Jogja untuk diberikan kepada orang-orang tercinta di rumah, berikut ini ada daftar souvenir yang murah dan awet untuk kamu bawa pulang, Sobat Tiket.

9 Souvenir Khas Jogja yang Murah & Unik

  1. Kaos Dagadu Djokdja

Kita mulai daftar souvenir khas Jogja yang banyak diburu oleh anak-anak muda. Souvenir dari Jogja yang sangat terkenal ini bisa kamu bawa buat oleh-oleh nih, Sobat Tiket. Nggak cuma terkenal sebagai oleh-oleh Jogja selain makanan yang banyak dicari saja, Kaos Dagadu dengan logo mata yang legend banget ini juga udah jadi salah satu ikon pariwisata di Jogja, lho. Kalau kamu mau beli Kaos Dagadu, kamu bisa datang ke Gerai Resmi Dagadu Djokdja, di antaranya adalah di Yogyatorium, Dagadu Malioboro Mall, Dagadu Transmart, Dagadu Alun-Alun Utara, dan Dagadu Jogja City Mall.

  1. Kerajinan Perak

Souvenir Khas Jogja - Kerajinan Perak

Kalau jalan-jalan ke Jogja, jangan lupa buat singgah di Kotagede. Kecamatan yang berlokasi di jantung Kota Jogja ini juga merupakan pusat kerajinan perak yang sangat terkenal. Nggak cuma terkenal di Indonesia saja, Sobat Tiket. Kerajinan perak di Jogja juga sudah terkenal hingga ke luar negeri, lho. Makanya, souvenir unik yang satu ini wajib banget kamu beli kalau jalan-jalan ke Jogja.

  1. Kerajinan Kulit

Souvenir Khas Jogja - Kerajinan Kulit

Suka dengan barang kerajinan kulit seperti sepatu dan tas? Kalau ya, kamu harus banget nih buat datang ke Desa Wisata Manding. Desa wisata di Bantul Jogja ini adalah sentra industri kerajinan kulit, Sobat Tiket. Sejak tahun 1957, para pengrajin di Desa Manding sudah membuat kerajinan kulit sebagai souvenir khas Jogja. Di sini, kamu bisa menemukan sepatu kulit, tas kulit, sendal kulit, jaket kulit, dan semua barang serba kulit. Soal harga pun dibandrol bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan budget kamu, Sobat Tiket. Mau beli?

  1. Blangkon

Blangkon adalah souvenir khas Jogja berupa tutup kepala yang terbuat dari kain batik. Blangkon Jogja atau yang juga sering disebut Blangkon Mondolan punya semacam tonjolan bulat di bagian belakang. Konon Mondolan ini ada hubungannya dengan filosofi masyarakat Jawa yang dapat menyimpan rahasia dan tidak membuka aib. Kamu bisa membawa blangkon Jogja sebagai souvenir tradisional Jogja ini untuk ayah atau temanmu yang laki-laki, Sobat Tiket.

  1. Wayang

Souvenir khas Jogja selanjutnya yang nggak boleh kamu lewatkan untuk dibeli dan dibawa pulang adalah wayang. Tentunya wayang Jogja memiliki perbedaan dengan wayang di daerah lain, misalnya wayang dari Surakarta. Maka dari itu, jangan lupa untuk membawa souvenir dari Jogja berupa wayang Jogja.

  1. Tas Dowa

Mencari souvenir khas Jogja untuk wanita? Souvenir khas Jogja untuk wanita yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibawa pulang adalah tas Dowa. Tas Dowa adalah souvenir khas Jogja berupa tas rajut yang pastinya digemari oleh wanita. Souvenir khas Jogja untuk wanita ini tersedia dalam beragam warna, ukuran, serta harga. Kamu bisa membawa souvenir khas Jogja untuk wanita berupa tas Dowa sebagai buah tangan untuk ibu atau teman wanitamu, Sobat Tiket.

  1. Gerabah Tanah Liat

Souvenir Khas Jogja - Gerabah

Siapa yang belum tahu souvenir asli Jogja berupa gerabah tanah liat? Di Kabupaten Bantul tepatnya di wilayah Kasongan, ada sentra pembuatan kerajinan tangan gerabah tanah liat. Kamu bisa banget berburu souvenir dari Jogja berupa gerabah tanah liat di daerah ini. Kamu bisa berburu gerabah yang unik seperti patung, pot bunga, guci, dan lain-lain. Kalau kamu mau menuju ke Kasongan, dari pusat Kota Jogja kamu hanya perlu berkendara sekitar 20 menit saja, Sobat Tiket. Lumayan dekat, kan?

  1. Batik

Nggak lengkap rasanya kalau jalan-jalan ke Jogja tapi nggak sempat bawa batik untuk orang-orang kesayangan di rumah. Ada beberapa pusat belanja batik yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Jogja. Salah satu pusat belanja batik yang sangat terkenal di Kota Pelajar ini tentunya adalah di Pasar Beringharjo. Jangan hanya membeli batik Jogja yang berupa pakaian batik saja. Kamu juga bisa beli barang batik Jogja lainnya seperti tas, jarik, bahkan sepatu. Klasik dan unik!

  1. Aksesoris Khas Jogja

Souvenir Khas Jogja - Aksesoris Khas Jogja

Kalau kamu jalan-jalan ke Malioboro, ada banyak aksesoris khas Jogja yang bisa kamu beli, Sobat Tiket. Kamu bisa membawa aksesoris ini sebagai souvenir yang bisa kamu bagi-bagikan pada tetangga atau teman di kampus. Kamu bisa membeli satu set gantungan kunci, kalung, gelang, dan yang lain-lain biar semuanya bisa kebagian oleh-oleh dari Jogja yang kamu bawa. Mantap, kan?

Setelah tahu apa aja souvenir yang murah dan awet sebagai buah tangan, kamu tentu semakin bersemangat jalan-jalan ke Jogja. Pesan hotel di Jogja murah di tiket.com kalau kamu memang mau menghabiskan momen liburan di Kota Pelajar ini.

Jadi, mana nih souvenir keren yang bakal kamu bawa pulang, Sobat Tiket?



Source link