AWAS !!! INI HARUS DIHINDARI KETIKA MENULIS RESUME

Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari ketika menulis resume Anda. Perhatikan bahwa mungkin ada keadaan ketika menyertakan beberapa informasi berikut menunjukkan bahwa Anda cocok untuk pekerjaan itu. Jika itu yang terjadi, termasuk informasi itu akan menjadi ide bagus.

Informasi pribadi

Anda tidak perlu memberikan informasi pribadi atau pribadi apapun pada resume Anda. Tidak ada manfaat yang bisa didapat dari penyediaan informasi yang bisa digunakan untuk menggeneralisasi Anda sebagai calon karyawan.
Resume Anda tidak harus mencakup:
• Tanggal lahirmu
• Jenis kelamin Anda
• Alamat Anda
• Setiap penyakit atau cacat
• Status kesehatan Anda

Kemungkinan pengecualian untuk hal ini mungkin saat memberikan informasi ini akan memberi keuntungan kepada aplikasi Anda (misalnya, jika atasan mencari seseorang yang masih muda atau pemohon wanita). Dalam situasi seperti ini, pertimbangkan termasuk informasi seperti itu jika menurut Anda ini akan memperkuat aplikasi Anda.

Tipikal atau kesalahan faktual

Mengirimkan resume atau surat lamaran dengan kesalahan ejaan akan menjamin Anda tidak mendapatkan wawancara. Anda harus memeriksa kembali resume Anda sebelum mengirimkannya, tapi Anda juga harus meminta orang lain membacanya juga dan periksa kesalahan yang mungkin Anda lewatkan.

Periksa kembali semua yang Anda sertakan di resume Anda. Jika Anda menyebutkan nama perusahaan, pastikan Anda melakukannya dengan benar. Jika Anda menyebutkan nama tempat yang pernah Anda kerjakan sebelumnya, pastikan Anda benar. Kesalahan pada resume lebih buruk daripada kesalahan ketik.

selanjutnya berikut ini informasi yang bisa kita bagi tentang apa saja yang harus dihindari ketika menulis resume.

Gambar dan grafis

Jangan sertakan foto atau foto di resume Anda. Tidak hanya gambar yang tidak disukai oleh perekrut dan profesional SDM, mereka juga dapat menciptakan masalah dengan perangkat lunak perekrutan.

Konten di header

Banyak resume hanya menampilkan nama pemohon dan rincian kontak di header dokumen. Beberapa perangkat lunak perekrutan tidak dapat membaca informasi di header dan footer. Jika Anda memasukkan informasi di header dan footer resume Anda, pastikan Anda memasukkannya ke dalam isi dokumen juga.

Format mewah

Stick untuk memilih font dan format yang mudah dibaca. Hal ini mempermudah perekrut untuk meninjau resume Anda. Ini juga berarti setiap perangkat lunak perekrutan yang mengulas resume Anda dapat dengan mudah membaca informasinya. Font yang bagus untuk digunakan meliputi:
• Verdana
• Arial
• Century gothic
• Calibri
Jangan gunakan header besar untuk memecah bagian resume Anda. Gunakan font 10 atau 11 titik untuk konten utama Anda dan maksimum 12 atau 14 poin untuk header.

Informasi dalam tabel

Beberapa template resume menyajikan informasi dalam tabel untuk membantu tata letak, namun beberapa perangkat lunak perekrutan tidak dapat membaca tabel. Resume Anda hanya boleh diformat menggunakan jeda baris dan format sederhana (seperti mengatur beberapa kolom di seluruh halaman).

Versi PDF resume anda

Beberapa perangkat lunak perekrutan tidak bisa membaca pdf. Kecuali jika iklan pekerjaan secara khusus mengatakan untuk menyediakan resume Anda sebagai .pdf, Anda harus selalu mengirimkan resume Anda dalam format kata (.doc atau .docx).

Meninjau resume Anda

Memiliki orang lain meninjau resume Anda sangat penting. Pastikan Anda menggunakan seseorang yang benar-benar akan memberi tahu Anda jika mereka menganggap ada yang tidak beres. Orang yang bisa Anda tanyakan meliputi:
• Rekan kerja
• Mantan pengusaha
• Guru
• Konselor bimbingan karir
• Orang tua atau wali Anda

itu saja informasi yang bisa kita bagi tentang apa saja yang harus dihindari ketika menulis resume.baca juga tulisan kami tentang panduan menulis resume yang baik.

semoga sukses !!!

loading...