Barcelona raup 1,05 miliar dolar tahun lalu

Jakarta (ANTARA News) – Raksasa Spanyol mengumumkan neraca keuangan mereka pada Selasa (2/10) setempat, yang menunjukkan penghasilan 1,05 miliar dolar AS untuk tahun fiskal 2017-2018.

Angka itu membuat Barcelona menjadi klub olahraga pertama yang mencapai pendapatan tahunan melampaui satu miliar dolar AS dan memecahkan rekor pendapatannya sendiri untuk lima tahun beruntun sekaligus selalu mencatatkan laba dalam delapan tahun terakhir.

Peningkatan pemasukan hak siar dari pertandingan Liga Champions serta penjualan Neymar ke klub kaya Prancis, Paris Saint-Germain, pada Agustus 2017 lalu senilai 257 dolar AS disebut Barcelona menjadi pendorong utama kenaikan pendapatan mereka.

Klub tersebut juga mengumumkan rekor anggaran 1,105 miliar dolar AS untuk musim ini, yang perlu disetujui pada sidang umum pada 20 Oktober 2018.

Sementara untuk pos utang, tercatat Barcelona memiliki tanggungan sebesar 181,3 juta dolar AS per 30 Juni 2018.

“Penghasilan luar biasa dari pembayaran klausul pembelian Neymar telah dikompensasi dalam anggaran tahun depan melalui peningkatan pendapatan komersial dan sponsor, hak media, eksploitasi stadion dan transfer pemain,” kata klub itu dalam sebuah pernyataan.

“Ini adalah pertama kalinya bahwa pendapatan telah melampaui 1 miliar dolar, langkah besar dari 2016/17,” tulis pernyataan tersebut, demikian Reuters.

Baca juga: Bartomeu dukung Messi untuk bertahan di Barcelona

Baca juga: Liga Spanyol tetap ngotot boyong Girona vs Barcelona di Miami

Baca juga: Messi ogah panik, tapi minta Barcelona tak bergantung kepada satu pemain

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018



Source link

Komentar