Bikin Vlog ala Profesional? Lakukan Hal Sederhana tapi Penting Ini

5bb2f69a82ac4 ilustrasi vlog 665 374 - Bikin Vlog ala Profesional? Lakukan Hal Sederhana tapi Penting Ini

VIVA – Video blogging atau terkenal dengan sebutan vlogging sudah menjadi tren. Aktivitas ini merupakan video yang menggambarkan kegiatan blogging, dalam praktiknya tidak hanya dibantu dengan kamera melainkan juga suara serta teks.

Fotografer dan videografer profesional, Kay Moreno menjelaskan kiat mudah membuat vlogging bermodalkan ponsel. 

Vlogging harus punya cerita, mau menceritakan apa. Kemudian tentukan objek gambar yang ingin diambil dengan angle (sudut pengambilan) yang bagus. Tambahkan juga elemen-elemen yang menarik,” ujarnya dalam acara Samsung Galaxy Note 9 Workshop, di Bintan, Kepulauan Riau, Senin, 1 Oktober 2018.

Vlogging bisa dimulai di mana saja. Misalnya saat latar belakang terdapat orang yang sedang bekerja. Berikutnya juga perlu memikirkan angle yang bagus, sudut yang kira-kira tidak mengganggu gambar. Lalu juga terdapat photo merging atau penggabungan foto. 

Selain pengambilan yang menggunakan kamera ponsel, pengeditan juga bisa dilakukan dalam satu perangkat yang sama. Untuk proses pengeditan, Kay menyarankan menggunakan aplikasi FilmoraGo. 


“Untuk ngeditnya juga gampang. Ada software FilmoraGo, semua ada tools di situ. Enaknya pakai ponsel itu saya langsung bisa shoot, terus besoknya langsung saya naikkan ke Instagram tanpa saya pulang ke rumah, tanpa saya cari laptop, tanpa saya pindah file dulu,” ujar pria yang memulai bisnisnya sejak 1999.

Seorang blogger perlu melihat titik angle mana yang menarik. Mereka juga perlu melatih mata atau pun belajar dari vlog yang telah dibuat orang lain. Seperti gambar mana yang mereka ambil, sehingga tidak banyak gambar yang terbuang. 

“Misalnya masuk kamar bisa ambil yang lucu-lucunya, ada karangan bunganya. Apa yang unik itu bisa diambil. Nah, kalau edit pakai aplikasi itu, hasil video bisa seperti profesional,” ujarnya. 

Source link