BMKG: Tsunami Palu Mencapai 1,5 Meter

BNPB menyebut jaringan komunikasi di Palu kini terputus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan tsunami terjadi di Palu, Sulawesi Tengah. Tinggi tsunami mencapai 1,5 meter telah dinyatakan selesai. 

“Tsunami tersebut telah berakhir pukul 17.36 WIB atau 18.36 WITA,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers di Kantor BMKG, Jakarta Pusat, Jumat (28/9).

Tsunami diperkirakan tiba pada pukul 17.22 WIB. Sementara, Staf BMKG yang berada di lapangan telah mengumpulkan informasi. Terlihat adanya kenaikan muka air laut setinggi enam cm pukul 17.27 WIB. Setelah itu, air laut semakin surut.

“Akhirnya dengan surutnya air yang teramati, maka peringatan dini tsunami ini kami akhiri pada pukul 17.36.12 WIB,” kata Dwikorita.

Sementara di lain tempat, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan jaringan komunikasi di Palu terputus. Listrik pun padam. “Memang belum kami mendapatkan informasi lebih lanjut. Kondisi komunikasi putus karena jaringan listrik PLN mati saat terjadi gempa,” kata dia.



Source link