Dua Fitur Baru YouTube Kids, Buang Konten Bumi Datar

5ac5a01841cf4 siluet pengguna perangkat di antara logo youtube 665 374 - Dua Fitur Baru YouTube Kids, Buang Konten Bumi Datar

VIVA – Youtube merilis dua fitur baru pada aplikasi Youtube Kids. Keduanya memberikan orangtua lebih banyak akses kontrol untuk konten yang anak-anak tonton.

Dilansir laman Engadget, Jumat, 14 September 2018, fitur pertama membuat orangtua bisa mengatur batasan tontonan bagi anak. Nantinya anak-anak mereka akan hanya bisa menyaksikan video yang disetujui oleh orang tuanya.

Setelah orangtua memilih ‘approved content only’ pada profil, anak-anak tidak akan bisa mencari konten sendiri. Mereka harus punya akses untuk video, maupun koleksi kanal yang orangtua telah masukkan ke daftar yang diperbolehkan.

Sebenarnya Youtube sudah mengumumkan hal ini sejak April lalu. Sekarang fitur tersebut sudah bisa digunakan di Android secara global, sedangkan untuk pengguna iOS akan hadir secepatnya.

Fitur kedua dibuat untuk pengaturan bagi anak-anak berusia antara 8 hingga 12 tahun. Orangtua akan memiliki dua pilihan grup umur untuk disaring dari tombol ‘younger’ dan ‘older’ pada pengaturan.

Pilihan umur ini akan berefek pada konten yang ingin ditampilkan. Untuk opsi ‘older’ akan ditampilkan konten seperti musik dan video game.

Fitur ini baru ada untuk pengguna di Amerika Serikat. Namun Youtube menyatakan rencananya akan memperluas akses bagi pengguna global di masa depan.

Sejak bulan Maret, ditemukan sejumlah video teori konspirasi pada Youtube Kids. Kabarnya ini juga yang membuat Youtube bergerak cepat membuat fitur untuk mengatasi masalah ini.

Bulan April dikabarkan bahwa Youtube akan membuat fitur orangtua bisa mengendalikan tontonan anak mereka. Platform berbagi video itu menyatakan komitmennya untuk bekerja lebih keras demi meningkatkan layanan Youtube Kids.

Video teori konspirasi seperti Bumi datar dan kebohongan pendaratan di bulan sudah dihapus oleh pihak Youtube. (ase)

Source link

Komentar