Israel Berang Real Madrid Beri Penghargaan Pejuang Palestina

Real Madrid menghormati perjuangan aktivis Ahed Tamimi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Klub sepak bola Real Madrid berseturu dengan Israel menyusul kesebelasan di La Liga tersebut memberikan gelar kehormatan kepada aktivis muda asal Palestina, Ahed Tamimi. Gelar kehormatan itu disebut membuat pemerintahan zionis di Tel Aviv berang.

Kantor berita Aljazirah melaporkan, Ahad (30/9), petinggi Real Madrid mengundang Tamimi ke Santiago Bernabeu, pada Sabtu (29/9) waktu setempat. Tamimi hadir sebagai tamu kehormatan.

Perempuan 17 tahun itu ditemani beberapa anggota keluarganya dan disambut mantan striker Los Blancos, Emilo Butragueno. Bentuk penghormatan Real Madrid, yaitu dengan memberikan jersey berangka punggung sembilan.

Pada jersey tersebut, bertuliskan Ahed sebagai nama punggung. “Real Madrid sangat menghormati dan kagum dengan perjuangan aktivis Ahed Tamimi,” begitu tulis Aljazirah.

Gegara pemberian gelar kehormatan tersebut, keduataan Israel di Madrid melayangkan protes. Duta Besar Israel di Spanyol, Daniel Kutner menilai pemberian penghormatan Real Madrid terhadap Tamimi, sebagai bentuk persetujuan klub tersebut atas aksi kekerasan Palestina di perbatasan.

Kutner mengatakan, Tamimi bukan ikon perdamaian. Melainkan seorang remaja yang mengkampanyekan kekerasan terhadap negara Yahudi di Palestina.

“Ahed Tamimi tidak berjuang untuk perdamaian. Dia (Tamimi) aktivis kekerasan dan terorisme. Institusi yang menghormatinya sama saja mendukung aksinya untuk melakukan agresi terhadap Israel,” begitu kata dia.



Source link

Komentar