Kain Khas Indonesia, Ini Dia 5 Diantaranya Yang Wajib Kamu Koleksi

Kain Khas Indonesia, Ini Dia 5 Diantaranya Yang Wajib Kamu Koleksi

Kain Khas Indonesia – Indonesia, tidak hanya dikenal dengan negara kepualauan yang memiliki beribu-ribu potensi wisata alam dimata dunia. Tapi, begitu juga dengan beragam suku, budaya, adat-istiadat, bahasa, dan agama di dalamnya yang berbeda-beda namun tetap satu. Itu adalah sebuah fakta membanggakan yang nggak bisa kita hindari, Sobat Tiket. Kekayaan seni dan budaya yang dimiliki Indonesia memang sangat banyak, kamu akan menemukan yang berbeda setiap datang ke pulau, kota, atau daerah yang tersebar di Indonesia. Hal ini juga lah yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang menarik di mata dunia.

Nah, Sobat Tiket, keberagaman seni dan budaya itu juga bisa kita temui dari apa yang kita pakai lho. Yep, seperti kain tradisonal Indonesia yang seringkali digunakan untuk acara adat. Tahu nggak sih, Sobat Tiket, negara kita itu punya beragam kain tradisional Indonesia yang keren-keren, lho. Bahkan saking kerennya, kain tradisional ini seringkali dijadikan barang koleksian.

Kalau Sobat Tiket tertarik dengan dunia fashion apalagi gemar mengoleksi kain, kain khas Indonesia yang sangat beragam ini pastinya bisa bikin kamu jatuh cinta deh. Mau tau kan apa aja sih kain tradisional yang keren dan bisa dikoleksi itu? Berikut ini adalah beragam jenis kain khas Indonesia yang wajib kamu koleksi!

Kain Khas Indonesia yang Wajib Kamu Punya dan Koleksi!

1. Ulos

Sobat Tiket pasti sudah nggak asing lagi kan, sama kain satu ini. Kain asli Sumatera Utara ini memiliki corak dan warna yang khas, dan tentunya menjadi identitas dari suku Batak. Kain khas Indonesia yang berasal dari Medan ini dibuat dengan cara di tenun, dengan motif dan warna yang beragam. Jadi, Sobat Tiket yang berkunjung ke Medan, bisa menjadikan kain satu ini sebagai oleh-oleh juga lho. Apalagi, Ulos sudah terkenal hingga mancanegara, yang pastinya juga menjadi salah satu komoditi ekspor masyarakat sekitar.

Kebaya Jumputan. Via dewimagazine.com
Source : dewimagazine.com

Kain Ulos merupakan kain khas Indonesia yang berbentuk seperti selendang Panjang dan memiliki filosofi sebagai kasih saying. Hal ini karena proses pembuatan kain ulos yang harus hati-hati dan penuh dengan ketelitian, mengingat pembuatannya yang manual dengan mesin tradisional, jadi tidak bisa dikerjakan secara terburu-buru. Dalam pembuatan kain ulos ini juga ada warna-warna yang seringkali digunakan lho, Sobat Tiket, diantaranya warna merah, putih, dan hitam. Ketiga warna ini memiliki filosofi sendiri oleh masyarakat suku Batak. Biasanya, kain ulos akan digunakan untuk acara pernikahan, kematian, penyambutan tamu, dan lain sebagainya.

2. Jumputan

Sesuai dengan namanya, kain cantik yang berasal dari tanah Jawa ini memang menggunakan teknik jumput atau ikat dalam proses pembuatannya. Kain jumputan dibuat dengan cara diikat lalu dicelup ke dalam beberapa warna tertentu hingga menghasilkan sebuah pola warna. Menurut sejarahnya, kain khas Indonesia jumputan ini bisa dibilang sebagai hasil percampuran budaya antara Tiongkok, India, dan Jawa. Hal itu karena dahulu kala, teknik ini dibawa oleh pedagang Tiongkok dan India. Kain tradisional Indonesia ini kembali ngetren dan banyak dipakai oleh para designer, loh, Sobat Tiket. Nggak salah deh kalau kamu memutuskan untuk mengoleksi kain ini.

Songket Palembang. Via http://songketpalembangcekna.blogspot.co.id/2014_03_01_archive.html
Source : songketpalembangcekna.blogspot.co.id

3. Songket

Songket pada dasarnya adalah jenis kain tenun khas melayu. Maka dari itu, nggak heran jika Sobat Tiket menemukan beberapa daerah yang kental dengan budaya melayu, seperti Aceh, Minangkabau, dan Palembang, memiliki pakaian tradisional berupa songket. Songket tergolong kain khas Indonesia yang mahal dan mampu menunjukan status sosial yang tinggi. Bahkan pembuatannya saja memiliki keahlian tangan yang khusus dan bahan yang tidak sembarangan. Saat ini, kain songket biasa dipakai untuk acara-acara resmi dan formal. Tapi, Sobat Tiket, tidak hanya di Sumatera saja, di Lombok dan Bali juga ada kain songket, loh.

Ulap Doyo by Ian Adrian. Via http://www.kutaikartanegara.com/news.php?id=2904
Source : via www.kutaikartanegara.com

4. Ulap Doyo

Kalau Sobat Tiket ingin melihat seperti apa tradisi kerajaan tertua di nusantara, maka kamu bisa melihatnya dari kain ulan doyo. Kain khas Kutai, Kalimantan Timur ini memang merupakan kain khas Indonesia yang secara budaya berasal dari kerajaan tertua di nusantara, yaitu kerajaan kutai. Ulap doyo terbuat dari daun doyo yang diolah menjadi benang. Ciri khas kain tradisional Indoensia satu ini adalah motifnya yang banyak menggunakan motif garis-garis serta corak flora dan fauna. Sobat Tiket yang suka mengoleksi kain tradisional, wajib banget nih untuk memasukkan Ulap Doyo sebagai koleksi kamu.

4260083399_62d2238ae6
Source : wisnupamungkas.blogspot.co.id

5. Tenun Dayak

Suku Dayak memang nggak pernah pergi jauh dari motif tribal. Hal itu pula yang coba mereka tuangkan dalam corak tenun dayak. Kain ini dibuat dengan pola asimetris yang entah bagaimana caranya, menghasilkan pola tribal yang cantik. Kalau Sobat Tiket pecinta motif tribal dan kebudayaan dayak,maka kain tenun dayak adalah satu kain tradisional Indonesia yang harus kamu miliki.

Yep, itu dia 5 kain khas Indonesia yang bisa Sobat Tiket jadikan koleksi kain tradisional. Dengan menggunakan kain tradisional sebagai pakaian kamu untuk acara-acara tertentu, pastinya semakin meningkatkan rasa cinta kita terhadap seni dan karya khas Indonesia. Kamu juga bisa memperkenalkan Indonesia melalui seni tradisional seperti kain tradisional diatas lho.

Mau beli langsung kain khas Indonesia di daerahnya? Pesan tiket pesawat nya di tiket.com ya. Pasti lebih mudah dan cepat.

Selain kain khas Indonesia, ketahui juga nih, Sobat Tiket Deretan Kopi Terbaik Indonesia buat kamu pecinta kopi.



Source link

__Posted on
September 19, 2018
__Categories
Wedding