Mesin Perpanjang SIM Portable Kini Hadir di Polres Cilacap




Jakarta
Polres Cilacap kini memiliki mesin perpanjangan SIM portable. Mesin ini hadir sebagai upaya peningkatan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat yang ingin perpanjang SIM A dan SIM C.

“Mesin portable T-SIM ini bertujuan memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran PNBP perpanjangan SIM A dan SIM C, yang biasanya harus antre di loket BRI pada kantor satpas, sekarang cukup dengan mendownload t-cash wallet,” ujar Kasat Lantas Polres Cilacap AKP Ahmad Nur Ari melalui keterangan tertulisnya, Selasa (2/10/2018).

2560a005 b454 4739 bd0c 597a232c0ab0 169 - Mesin Perpanjang SIM Portable Kini Hadir di Polres CilacapFoto: Istimewa

AKP Ahmad melanjutkan, mesin SIM portable ini hasil kerjasama kepolisian dengan dengan salah satu provider telekomunikasi. Nantinya, setelah mengunduh aplikasi t-cash wallet, warga tinggal melakukan scan barkode yang muncul pada tampilan mesin SIM portable tersebut.


“Selanjutnya scan barcode/QR pada tampilan screen mesin portable T-SIM maka akan keluar struk bukti pembayaran PNBP perpanjangan SIM, sebagaimana nominal PNBP perpanjangan SIM A dan SIM C sesuai PP No 60 Tahun 2016 tentang PNBP yaitu untuk perpanjangan SIM C Rp 75.000,- dan perpanjangan SIM A Rp 80.000,” jelas AKP Ahmad.

“Terobosan kreatif ini termasuk terobosan kreatif pertama di Indonesia,” imbuhnya.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengapresiasi langkah kreatif dari Polres Cilacap. Inovasi tersebut disebut akan lebih memudahkan masyarakat saat memperpanjang SIM.

“Kami apresiasi terobosan kreatif Satlantas Polres Cilacap terhadap layanan publik yang berbasis teknologi informasi dan modern, sehingga memudahkan masyarakat dalam proses perpanjangan SIM A dan SIM C, ” terang Condro seperti dituturkan AKP Ahmad.

(idn/rna)


Source link

Komentar