Panduan Menyusun Resume Yang Baik

hiring

Resume (dibaca rɛzʊmeɪ, REZ-u-may atau rɛzʊˈmeɪ), kadang disebut juga Curiculum Vitae (CV), adalah senjata paling utama ketika anda melamar pekerjaan. Meskipun anda memiliki kualifikasi setinggi langit dan pengalaman kelas dewa tetapi kalau resume yang anda buat tidak menarik atau ditulis dengan jelek maka anda akan kesulitan memperoleh pekerjaan yang diimpikan, bahkan tidak dipanggil untuk wawancara.

Menyisihkan waktu untuk mengerjakan resume adalah sangat penting. Informasi pada artikel ini berisi saran dan tips tentang bagaimana menyempurnakan resume yang anda tulis.

Topik pada artikel ini terdiri dari:

  1. Tujuan dari penulisan resume
  2. Seberapa panjang sebaiknya resume ditulis
  3. Bagaimana menyusun resume
  4. Merubah resume untuk tiap lowongan kerja
  5. Apa yang perlu dimasukkan dalam resume

1. Tujuan menulis resume

Resume anda merupakan alat pemasaran.  Setidaknya perlu menampilkan hal berikut:

  • Tunjukan bahwa anda layak dipekerjakan
  • Seberapa jauh anda memenuhi persyaratan
  • Anda mempunyai kualifikasi dan pendidikan yang tepat
  • Anda memiliki pengalaman dan keahlian yang sesuai
  • Anda memiliki tingkat profesionalisme yang tepat untuk pekerjaan

2. Seberapa panjang resume ditulis ?

Tidak terdapat aturan baku seberapa panjang sebaiknya sebuah resume. Tergantung pada seberapa banyak pengalaman dan pendidikan yang dimiliki. Jika anda belum terlalu lama bekerja, satu atau dua halaman sudah bagus, tetapi tiga halaman boleh saja asal anda memiliki pendidikan dan pengalaman yang banyak.

Pastikan tidak terpaku pada panjang pendeknya resume. Jika resume hanya satu halaman, sepanjang disajikan dengan baik akan memberikan hasil yang baik daripada dua halaman tetapi isinya tidak relevan.

3. Bagaimana menyusun resume?

Secara umum urutan informasi yang baik dalam resume disusun sebagai berikut:

  1. Detail kontak
  2. Kalimat Pembuka
  3. Daftar keahlian utama
  4. Daftar keahlian teknis
  5. Attribut/sifat pribadi atau rencana karir
  6. Kualifikasi pendidikan
  7. Riwayat pekerjaan atau penempatan kerja
  8. Referensi

Susunan resume tidak harus sesuai dengan urutan diatas. Hal yang harus diperhatikan adalah tampilkan informasi yang paling berguna diurutan teratas. Jika riwayat pendidikan anda tidak terlalu sesuai dengan pekerjaan yang dilamar, tampilkan diurutan belakang setelah informasi yang lebih relevan dengan deskripsi pekerjaan.


 

4. Apakah saya harus mengubah resume setiap mengirim lamaran kerja?

Anda harus menyesuaikan resume untuk setiap lamaran pekerjaan yang dituju, agar sesuai dengan kebutuhan khusus dari pekerjaan yang dilamar.

Tidak harus berubah semuanya, tapi pastikan kalimat pembuka, keahlian utama dan sifat pribadi sesuai dengan informasi kebutuhan pada iklan lowongan kerja.

Anda juga sebaiknya menyesuaikan resume untuk memperlihatkan pengalaman kerja yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

 

Bagaimana cara menyesuaikan resume

Resume dapat sesuaikan dengan cara:

  • Menggunakan kalimat pembuka untuk menghubungkan riwayat pengalaman dan pendidikan pada persyaratan pekerjaan.
  • Daftarkan keahlian utama yang sesuai dahulu
  • Masukkan contoh pencapaian yang pernah diperoleh yang sesuai dengan persyaratan kerja sebagaimana tercantum pada iklan lowongan kerja.
  • Menambah kata kunci spesifik yang relevan didalam resume.

 

5. Apa yang perlu dimasukan dalam resume

Ada beberapa hal yang harus ada dalam setiap resume. Berikut ini poin yang perlu anda pertimbangkan untuk dimasukan dalam resume.

Rincian kontak

Nama, alamat email dan nomor telepon wajib dimasukan dengan benar. Alamat rumah tidak harus selalu dimasukkan terkecuali bila perusahaan tujuan mempersyaratkan komunikasi dengan surat konvensional.

Jangan mencantumkan rincian kontak di bagian header resume. Software rekrutmen terkadang kesulitan membaca header dan footer, sebaiknya hal ini dihindari.

Rincian kontak dapat dituliskan di bagian bawah resume, tapi pastikan masih ada di dalam bagian body dokumen.

Kalimat pembuka

Sebuah kalimat pembuka adalah ringkasan dari siapa anda, dimana sekolah dan apa pekerjaan sebelumnya serta apa yang anda beri untuk pekerjaan yang anda lamar. Sebaiknya ditulis tidak lebih dari enam baris dan ditulis sebagai orang pertama tanpa referensi pribadi.

Kalimat pembuka yang anda buat sebaiknya diawali dengan satu kalimat tentang siapa anda dan apa kontribusi yang akan anda berikan pada pekerjaan yang dilamar, kemudian jelaskan keahlian dan sifat yang sesuai dengan pekerjaan.

Keahlian dan kekuatan utama

Resume yang anda buat sebaiknya memiliki 10 sampai 15 daftar keahlian yang sesuai dengan pekerjaan yang anda lamar.

Daftar keahlian dan pengalaman kerja yang dibutuhkan dapat dilihat pada iklan lowongan pekerjaan, biasanya didalam iklan tersebut juga mencantumkan daftar keahlian yang diharapkan. Daftar keahlian utama yang anda buat harus menjawab semua item penting yang diharapkan sebagaimana tercantum dalam lowongan pekerjaan.

Keahlian teknis

Berikut ini daftar keahlian teknis yang terkait dengan software atau program komputer yang anda kuasai. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Pengolah kata seperti MS Word
  • Bahasa pemrograman seperti PHP, Ruby, Java, C++ dll
  • Desain grafis seperti Photoshop, Corel, CAD
  • Tools (seperti: aplikasi cash register, mesin absensi, dll)

 Sifat Pribadi

Jika anda tidak memiliki banyak pengalaman kerja, daftar sifat pribadi dapat menjadi cara lain untuk menunjukan bahwa anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan yang ditawarkan.

Hal-hal yang dapat anda masukkan dalam bagian ini bisa berupa cara anda dapat menunjukan bahwa anda terpercaya, jujur, tangguh atau cepat ketika mempelajari sesuatu yang baru.

Anda dapat memasukkan antara tiga sampai lima sifat pribadi, tapi pastikan itu semua merupakan keahlian utama anda.

Riwayat pendidikan

Riwayat pendidikan anda hanya dibutuhkan untuk menunjukan seberapa tinggi tingkat pendidikan yang sudah dijalani. Anda tidak perlu menunjukan nilai yang didapat kecuali diminta oleh penyedia kerja, tunjukan pula bukti bahwa anda cocok dengan pekerjaan yang dilamar.

Jika memungkinkan, anda dapat juga memasukkan daftar prestasi pada saat sekolah, seperti; ketua osis, ketua perkumpulan mahasiswa, penghargaan yang didapat atau kegiatan kepemudaan yang diikuti.

Pengalaman kerja

When providing your employment history, start with the your most recent job and go backwards from there. Give the position title and the dates you worked there.

Ketika menyampaikan riwayat pengalaman kerja, mulailah dari pekerjaan terakhir dan mundur sampai pekerjaan yang pertama. Beri keterangan tentang posisi atau jabatan yang dipegang dan tanggal kapan anda bekerja disana.

Jika anda seorang fresh graduate dan belum memiliki riwayat pekerjaan, ada cara lain untuk menunjukan pengalaman anda, seperti;

  • Pengalaman kerja part time ketika sekolah
  • Pengalaman magang ketika kuliah
  • Keterlibatan dalam pekerjaan sosial yang pernah dilakukan

Pada tiap pekerjaan yang ada didaftar, sebutkan prestasi yang dicapai ketika bekerja dan kontribusi signifikan apa yang anda buat untuk organisasi. Pastikan bahwa prestasi dan kontribusi ini sesuai dengan keahlian dan kekuatan yang sebelumnya di tampilkan pada resume anda.


Referensi

Resume anda setidaknya memiliki dua orang yang memberikan referensi positive kepada anda sebagai pegawai. Idealnya referensi diberikan oleh orang yang terlibat atau pernah bekerja pada perusahaan yang sama dengan anda. Sebutkan nama, posisi jabatan dan cara menghubungi mereka.

Testimonials

Testimoni merupakan cara yang bagus untuk membuktikan bahwa anda benar-benar memiliki keahlian dan pengalaman sebagaimana yang diminta perusahaan.

Testimoni dapat diperoleh dengan meminta komentar dari rekan kerja, guru atau dosen atau atasan sebelumnya. Komentar positif sebanyak dua atau tiga kalimat. Orang yang memberi testimoni ini sebaiknya juga dicantumkan di bagian referensi. Satu atau dua testimoni sudah cukup untuk satu resume.

Kata kunci

Banyak agen rekrutmen menggunakan software untuk memindai kata kunci resume calon pegawai. Pelamar yang tidak memasukkan katakunci cenderung untuk ditolak secara otomatis.

Kata kunci dapat berupa;

  • Jenis keahlian
  • Pekerjaan
  • Kegiatan
  • Kualifikasi
  • Software
  • Tools

Untuk memastikan resume yang anda buat memiliki kata kunci yang tepat, perhatikan iklan lowongan pekerjaannya dan buatlah daftar kata yang dipakai. Jika anda tidak melihat iklan lowongannya, anda dapat menggunakan job search engine untuk mencari iklan lowongan kerja yang mirip dan perhatikan seperti apa kata kunci pada iklan tersebut.

Ketika sudah memiliki daftar kata kunci, masukkan kata kunci tersebut pada resume yang anda tulis. Tempat untuk memasukkan kata kunci ada pada bagian;

 

loading...