Pelindo IV kordinator pengumpulan bantuan

Makassar (ANTARA News) – PT Pelindo IV Makassar mendapat amanah dari Kementerian BUMN untuk menjadi kordinator pengumpulan dan pensitribusian logistik, termasuk relawan untuk penanganan korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

“Arahan dari kementerian, PT Pelindo IV ditunjuk sebagai koordinator untuk mengumpulkan dan mendistribusikan logistik dari BUMN-BUMN yang ada di Makassar dan sekitarnya,” kata Direktur SDM dan Umum PT Pelindo IV Makassar M Asyhari didampingi Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV Iwan Syarifuddin di Makassar, Minggu.

Menurut dia, bantuan-bantuan dari BUMN di Makassar dan sekitarnya sudah mulai berdatangan dan malam ini diberangkatkan melalui KRI-Makassar untuk membantu para korban di Donggala dan Palu, Sulteng.

Mengenai total bantuan yang terkumpul, lanjut dia, tidak dapat dipastikan karena jumlahnya terus bertambah, namun pihaknya siap terus menerima dan menyalurkan bantuan ke lokasi bencana.

“Secara spesifik belum bisa kami sebutkan, namun semua bantuan BUMN akan dinaikkan ke KRI, bila sebagian tidak termuat, maka akan diangkut pada kapal berikutnya,” katanya.

Selain mengirim logistik, Pelindo IV juga mengirim relawan, baik yang berasal dari BUMN itu maupun kantor BUMN lainnya. Pada pengiriman tahap awal ini ke Palu, Sulteng, sedikit 50 orang tim relawan diberangkatkan bersama 1.000 personel TNI.

Sementara mengenai barang kebutuhan yang sangat urgen bagi korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, dia mengatakan, bahan makanan cepat saji, pakaian, selimut, popok dan pembalut.

“Semua itu diharapkan dapat sampai ke sasaran dan dapat digunakan secepatnya, termasuk pengadaan sarana untuk memasak seperti gas dan kompor, kami juga kirim,” ujarnya.*

 

Baca juga: Komnas Perempuan: Penanganan bencana harus perhatikan perempuan

Baca juga: Polri: Senin pemakaman massal korban gempa Sulteng

 

Pewarta:
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018



Source link