Relawan ACT: Palu dan Donggala Perlu Air Bersih

9b49acb0 c5d1 451f b8f1 aefe98b09845 169 - Relawan ACT: Palu dan Donggala Perlu Air Bersih

Jakarta – Makanan bukan satu-satunya keperluan logistik yang diperlukan korban bencana alam di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Masyarakat juga perlu air bersih yang persediaannya kini sangat minim. Sumur air bersih hancur atau kotor akibat guncangan gempa dan tsunami.

Saat ini, warga korban bencana bergantung pada pasokan air yang dibeli dari sekitar lokasi bencana. Air juga diperoleh melalui bantuan kemanusiaan dari lembaga kemanusiaan, swasta, dan pemerintah.

“Hingga saat ini, kita belum bisa membuat sumur galian atau membangun jalur pipa air,” kata Vice President Volunteer Network Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Khadjar saat ditemui dalam media briefing menangkal hoax di lokasi bencana di Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (2/10/2018).

Keterbatasan listrik dan BBM, menyebabkan pembangunan sumur dan saluran air belum tergarap. Listrik dan BBM adalah kebutuhan vital untuk mengoperasikan alat berat, yang diperlukan untuk pembangun jalur distribusi air. Penyediaan listrik dan BBM yang makin lama, mengakibatkan sumur tak segera tersedia untuk warga.


Ibnu mengatakan, pihaknya bisa saja memaksakan penggalian sumur sekarang. Namun mutu air yang diperoleh berisiko buruk. Penggalian juga berisiko memancing lumpur, hingga keluar menyembur seperti bencana Lapindo. Hal ini disebabkan struktur tanah yang masih labil dan gempa susulan yang masih kerap terjadi.

Ibnu berharap listrik bisa segera tersedia di Palu dan Donggala. Menurut pengalamannya dalam penanganan bencana Lombok, warga di sana baru memperoleh air setelah 2-3 pekan. Aliran listrik baru kembali normal sekitar 3 hari usai bencana. Dengan kondisi Palu dan Donggala yang belum ada listrik, Ibnu memperkirakan sumur baru tersedia dalam 3-4 pekan berikutnya.

Sama seperti makanan, air adalah kebutuhan vital bagi korban bencana alam. Air bersih untuk MCK menekan risiko penyakit infeksi, yang mengintai warga di pengungsian. Air bersih juga digunakan untuk mengolah makanan bagi pengungsi, misal masak nasi atau mie instan.

(up/up)

Source link