Topan Trami Tewaskan 2 Orang di Jepang, Ribuan Penerbangan Batal

64f83582 a484 4052 bee9 1dbfb27d39f7 169 - Topan Trami Tewaskan 2 Orang di Jepang, Ribuan Penerbangan Batal





Tokyo
Dua orang tewas akibat topan Trami yang menerjang wilayah Jepang sejak akhir pekan. Topan ini memicu kekacauan perjalanan bagi warga Jepang pada Senin (1/10) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Senin (1/10/2018), topan Trami telah meninggalkan wilayah Jepang pada Senin (1/10) pagi waktu setempat. Namun angin kencang dan hujan deras yang dibawa topan itu memicu kerusakan parah yang memblokir sejumlah ruas jalan dan jalur kereta api.

Dituturkan sejumlah pejabat dan polisi setempat bahwa sedikitnya dua orang tewas akibat topan yang menerjang wilayah Jepang sejak akhir pekan.


Satu orang tewas setelah tertimbun tanah longsor di wilayah Tottori, Jepang bagian barat. Satu orang lainnya tewas tenggelam usai terbawa gelombang tinggi di Yamanashi, Tokyo sebelah barat.
Kedua korban tewas yang berjenis kelamin laki-laki itu dilaporkan tewas pada Minggu (20/9) waktu setempat, saat topan Trami menerjang wilayah barat Jepang. Identitas kedua korban tewas tidak diungkap ke publik.

Secara terpisah, televisi nasional NHK melaporkan dua orang hilang akibat topan itu. Lebih dari 120 orang lainnya disebut mengalami luka-luka.

Topan Trami yang awalnya menerjang Okinawa pada Sabtu (29/9) waktu setempat, menyentuh daratan utama Jepang tepatnya di Osaka pada Minggu (20/9) malam waktu setempat. Topan ini membawa angin kencang dan hujan sangat deras.

Dampak dari topan Trami ini, layanan kereta peluru di Jepang terpaksa dihentikan sementara. Layanan kereta malam di Tokyo kacau akibat cuaca buruk ini. Kemudian lebih 1.000 penerbangan dibatalkan.

Kekacauan perjalanan berlanjut hingga Senin (1/10) pagi waktu setempat. Tiang listrik dan pepohonan yang tumbang memblokir sejumlah rel kereta. Sekitar 200 penerbangan terpaksa di-grounded pada Senin (1/10) waktu setempat. Kerumunan besar orang memenuhi stasiun-stasiun Tokyo pada pagi hari, yang biasanya merupakan jam-jam sibuk.

Hingga Senin (1/10) pagi waktu setempat, lebih dari 400 ribu rumah warga, kebanyakan di Jepang sebelah timur, masih belum mendapat aliran listrik. Ibu kota Tokyo terhindar dari terjangan langsung topan Trami, namun masih merasakan dampak angin kencang dan hujan sangat deras.

Topan Trami merupakan topan terbaru yang menerjang Jepang, yang sepanjang tahun ini telah dilanda berbagai bencana alam. Wilayah barat yang diterjang topan Trami, masih dalam pemulihan usai terjangan topan Jebi pada awal September.

(nvc/ita)



Source link